Kamis, 05 April 2012

tugas BAHASA INDONESIA 2# "Ibu Rumah Tangga dan Teknologi "

Kemarin saya berkesempatan bicara di event yang diadakan UKM Center UI. Dalam event ini, hadir para pengusaha UKM yang bisnisnya telah berjalan secara offline dan sangat tertarik untuk memperluas pasarnya lewat media online. Dari puluhan peserta yang hadir, setengahnya adalah para ibu rumah tangga yang berbisnis. Salah satu dari ibu yang hadir, saya prediksi usianya sudah di atas 45 tahun, tapi dia lah yang terakhir menghentikan saya seusai acara dan bertanya detail tentang website dan toko online. Keren sekali!
Sewaktu saya sharing tentang toko online saya Kutukutubuku.com di workshop wirausaha yang diadakan Majalah Femina, yang hadir juga semuanya perempuan yang sangat antusias untuk mulai berbisnis khususnya online. Mas Zacky, MC acara tersebut, berkata pada saya, “Sekarang lebih banyak perempuan ya mbak yang ingin berbisnis online!” Memang benar! Semakin banyak perempuan yang berminat terjun ke bisnis online. Mungkin karena modal relatif kecil, awalnya bisa dilakukan sambil mengasuh anak dan mengurus rumah tangga, bisnis berpotensi besar untuk maju serta mendapat profit besar dan… simply karena wanita adalah jagonya multitasking!

Ada yang bilang, halangan utama mereka dalam berbisnis online adalah karena gaptek alias gagap teknologi. Saya rasa ketidaktahuan akan teknologi itu bisa diatasi. Saya sarankan untuk membeli netbook yang powerful seperti Acer Aspire One, membeli modem untuk mobile internet, dan Anda bisa mulai latihan. Banyak orang yang mengaku nggak bisa menggunakan aplikasi di internet karena takut mencoba. Wah, mindset ini dulu yang harus dihapus. Be fearless! Kan, kita pasti akan bisa, jika terbiasa :)
Selain masalah penghasilan, dengan melek teknologi, ibu rumah tangga bisa mendapatkan banyak informasi melalui internet, untuk kebutuhan rumah tangga maupun urusan anak. Mulai dari resep makan siang, sekolah terbaik untuk anak, dokter yang recommended, artikel psikologi dan perkembangan anak, dan masih banyak lagi informasi yang bisa mencerdaskan ibu, yang otomatis mentransfer pengetahuan itu ke anak. Bukankah masa depan kita semua tergantung pada generasi muda yang sekarang sedang diasuh penuh kasih sayang oleh para ibu?
Jika Anda ibu rumah tangga dan ingin mulai berkarya, berikut beberapa tips dari saya:
  • Minta dukungan pasangan dan orang-orang terdekat Anda
  • Tentukan passion dan potensi diri Anda
  • Banyak membaca buku dan mencari informasi terkait
  • Mulailah mencoba ‘berenang’ di dunia internet
  • Pertahankan semangat belajar dengan sharing di community seperti BundaInBiz atau Tangan di Atas
  • Start NOW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar