Jumat, 08 Februari 2013

Mempercantik tampilan Blog, Web dan Forum dengan efek hujan salju


Gara-gara tadi melihat berita di televisi mengenai hujan salju, penulis jadi terinspirasi untuk mempercantik Forum yang penulis kelola dengan menambah efek hujan salju pada Forum ngobas.com :) Penulis sendiri juga belum pernah menikmati sensasi nyata dari hujan salju yang alamiah tersebut, maklumlah di negara tempat tinggal penulis, tidak memiliki musim salju. Padahal di beberapa negara dan di negara tetangga lain, pada bulan Desember atau akhir tahun ini sudah mulai menikmati salju-salju yang turun dari cakrawala 8) Sayangnya di Indonesia, salju tersebut hanya berada di Pegunungan Jayawijaya :P Ya apa boleh buat, mungkin jika kita tidak bisa menikmati salju yang turun dari cakrawala, kita bisa menikmati salju yang turun dari layar kaca :D Hehehe... Oke penulis akan membagi trick mempercantik tampilan Blog, Web, Forum ataupun media Online lainnya (yang dapat dikustomisasi HTML dan CSS nya).


Yang harus dipersiapkan adalah Hostingan, bisa yang Free ataupun yang berbayar. Penulis menggunakan Hosting gratisan dari 000a.biz, nah Hosting ini digunakan untuk menyimpan File JavaScript yang nantinya dapat dipanggil dan dieksekusi untuk menampilkan salju pada Web atau Blog yang kita kelola :D Langsung saja pembaca Copy Paste koding Java Script dari Hostingan milik penulis pajalah.000a.biz/snow.js kemudian Upload ulang ke Hostingan milik pembaca :) Tapi jika pembaca malas, bisa tetap pakai pajalah.000a.biz/snow.js saja :o Nah selanjutnya pembaca Copy Script yang ada pada link ini pastebin.com/0Ci6Eg0d kemudian Paste ke tempat Editor HTML pada Web atau Blog ataupun Forum, jangan lupa ganti pajalah.000a.biz/snow.js nya dengan URL Hostingan milik pembaca (jika ingin Nngehosting File Javascriptnya di Hosting pribadi). Untuk implementasinya penulis praktikan pada Blogspot, nah pembaca buka bagian Edit HTML pada Menu Template. Kemudian Pastekan Script yang tadi ke bagian setelah Tag Body, agar lebih jelas perhatikan gambar berikut :





Setelah di Paste tinggal klik Simpan template. Jika berhasil maka Blog milik pembaca akan menampilkan efek hujan salju atau snow flakes. Penulis mengimplementasikan efek hujan salju ini pada Forum ngobas.com (silahkan dilihat sendiri). Oke sekian dari penulis, selamat menikmati hujan salju ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar