Pengertian CRM :
CRM
(Customer Relationship Management) merupakan Sebuah sistem informasi
yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan
mengendalikan aktivitas-aktivitas pra-penjualan dan pasca penjualan
dalam sebuah organisasi. CRM melingkupi semua aspek yang berhubungan
dengan calon pelanggan dan pelanggan saat ini, termasuk di dalamnya
adalah pusat panggilan (call center), pelayanan konsumen (customer
service), tenaga penjualan (sales force), pemasaran, dukungan teknis
(technical support) dan layanan lapangan (field service).
Implementasi CRM :
PT
Bakrie Telecom, Tbk, menargetkan 100.000 pelanggan baru pada tenggang
waktu hingga Juni tahun ini. Langkah tersebut diharapkan dapat tercapai
lewat program kerja sama yang dilakukan dengan maskapai penerbangan
Sriwijaya Air.
Contoh aktivas CRM :
Aktivitas
CRM yang terdapat pada program ini adalah melakukan suatu bentuk
kerjasama dengan Sriwijaya Air yaitu menerbitkan vouhcer talktime edisi
khusus diskon 20% tiket penerbangan Sriwijaya Air. Konsumen dapat
melakukan registrasi terlebih dahulu ke nomor 3910. Diskon untuk
pengisian voucer isi ulang dengan nominal Rp 50-Rp 150.000 terdapat
dalam jumlah yang terbatas (limited edition). Sehingga ditafsir akan
terjadi peningkatan revenue yang lebih besar, yakni sebesar 15-20%.
Disamping itu akan terjadi peningkatan pelanggan baru sebanyak 100.000
dengan 33 rute penerbangan termasuk ke Singapura sampai batas akhir
bulan Juni (sesuai dengan target perusahaan).
Mengenai program voucher talktime ini berhubungan dengan tujuan CRM yaitu:
1.
Meningkatkan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan yang sudah ada
untuk meningkatkan revenue perusahaan. Menyediakan informasi yang
lengkap mengenai pelanggan untuk memaksimalkan jalinan hubungan pelangan
dengan perusahan melalui penjualan secara up-selling dan cross-selling,
dengan demikian pada saat yang bersamaan dapat meningkatkan keuntungan
dengan cara mengidentifikasikan, menarik serta mempertahankan pelanggan
yang paling memberikan nilai tambah bagi perusahaan.
2.
Menggunakan informasi yang terintegrasi untuk menghasilkan pelayanan
yang paling memuaskan dengan memanfaatkan informasi pelanggan untuk
memenuhi kebutuhan pelanggan sehingga dapat menghemat waktu pelanggan
dan mengurangi frustasi.
3. Menghasilkan konsistensi dalam prosedur dan proses saluran jawaban kepada pelanggan.
Perangkat Lunak :
CRM
tidak harus merupakan sebuah software atau aplikasi. Software atau
aplikasi CRM hanyalah tool atau alat bantu dalam melakukan
aktifitas-aktifitas. Karena kalau jumlah data pelanggan sangat banyak
tentulah tidak efisien jika masih dilakukan secara manual. Dalam artikel
ini perusahaan Sriwijaya Air menggunakan strategi menerbitkan voucher
talktime edisi khusus diskon 20% tiket penerbangan Sriwijaya Air.
Konsumen melakukan registrasi terlebih dahulu ke nomor 3910. Diskon ini
berlaku untuk pengisian voucher isi ulang dengan nominal Rp 50.000 - Rp
150.000 peningkatan revenue yang lebih besar, yakni sebesar 15-20% dan
voucher ini termasuk dalam aplikasi Sales Force Automation (SFA) dan
Marketing Automation (MA) yang akan membentuk CRM dalam perusahaan
Sriwijaya Air.
Kesimpulan :
Dengan begitu,
program voucher talktime ini sesuai dengan tujuan CRM dan dapat menarik
pelanggan hingga target yang ditentukan oleh perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar